Software Wonderware Intouch


BAB I

SOFTWARE WONDERWARE INTOUCH


1.1. Percobaan Install Software Wonderware Intouch

a.       Tujuan Percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami tentang software Wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat memahami manfaat Wonderware Intouch

b.      Teori Dasar

HMI (Human Machine Interface) adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin. HMI juga merupakan user interface dan sistem kontrol untuk manufaktur.

 FUNGSI HMI

HMI mempunyai fungsi sebagai berikut :

·         Memonitor keadaan yang ada di plant.

·         Mengatur nilai pada parameter yang ada di plant.

·         Mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan yang terjadi.

·         Memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi sesuatu yang tidak normal.

·         Menampilkan pola data kejadian yang ada di plant baik secara real time maupun historical (Trending history atau real time).

HMI memvisualisasikan kejadian, peristiwa, atau pun proses yang sedang terjadi di plantsecara nyata sehingga dengan HMI operator lebih mudah dalam melakukan pekerjaan fisik (Irvine, 2001). Biasanya HMI digunakan juga untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa part pada lantai produksi.


2.Software Wonderware Intouch



c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer/Laptop

2.       Software Wonderware Intouch

d.      Prosedur Percobaan

1.       Jalankan setup.exe

2.       Lalu Klik Next Seperti Gambar dibawah ini:












3.       Aktifkan Intouch Supplements Components agar symbol Factory dapat diaktifkan seperti gambar dibawah ini kemudian klik next.


4.       Masukkan nama user serta password yang gampang diingat lalu klik Next

5.       Tunggu Hingga Proses Selesai


6.       Matikan Install Wonderware Application Server lalu klik Finish




2.1. Percobaan Development Environment

a.       Tujuan Percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami tentang komponen-komponen Wonderware InTouch

2.       Mahasiswa dapat memahami penggunaan Wonderware InTouch

b.      Teori Dasar

1.       Pendahuluan

Salah satu paket SCADA software yang beredar dipasaran ialah Wonderware. Software utama yang mendasari keseluruhan program SCADA adalah Wonderware InTouch. Pada dasarnya,InTouch adalah software Human Machine Interface yang juga dilengkapi dengan fitur dasar SCADA software.

Wonderware juga memiliki berbagai program untuk mendukung keseluruhan system SCADA. Misalnya .

-          Wonderware Historian, program yang menangani database berbasis SQL Server.

-          Wonderware Informatio Software,program yang menangani portal internet untuk aplikasi HMI/SCADA.

-          Wonderware Active Factory, Program untuk melakukan analisa serta laporan dari data di lapangan. Program ini dapat terhubung dengan Microsoft Word dan Microsoft Excell

-          Wonderware InControl, program pengendalian yang dapat menggantikan PLC sebagai soft control (PC Control)

2.       InTouch Window Maker

InTouch Application manager berfungsi untuk mengorganisasikan aplikasi yang akan di buat.Masing-masing aplikasi akan dibuatkandirectory tersendiri untuk menyimpan semua file yang berhubungan.

3.       InTouch Window Viewer

4.       Window Maker

c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer / Laptop

2.       Software Wonderware InTouch

d.      Prosedur Percobaan

1.       Jalankan Aplikasi InTouch









2.       Membuat aplikasi baru pada InTouch dengan cara Pilih Menu File > New



3.       Lalu pilihlah directory tempat penyimpanan file yang akan dibuat



4.       Tulis Nama Folder Aplikasi yang akan dibuat kemudian klik next


5.       Ketik nama aplikasi dan deskripsi aplikasi yang akan dibuat kemudian klik finish







6.       Kemudian akan muncul jendela baru yang akan memunculkan nama aplikasi yang telah dibuat kemudian klik dua kali nama aplikasi yang telah dibuat yang kemudian akan menampilkan jendela kerja untuk aplikasi wonderware InTouch



7.       Kemudian pilih menu File > WIndowMaker





























3.1. Menggambar Objek Pada Window Maker

a.       Tujuan Percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami penggunaan Wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis group dan penggunaan symbol pada Wonderware InTouch

b.      Teori Dasar


c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer / Laptop

2.       Software Wonderware InTouch

d.      Prosedur Percobaan

1.       Buat Halaman baru pada WindowMaker dengan cara Pilih menu File kemudian klik New Window


2.       Menggambar objek secara manual

-          Gambar 1 lingkaran dan 2 buah persegi panjang. Beri Warna dan Susun seperti Gambar dibawah






-          Pilih ke 3 objek tersebut dan lakukan pengelompokan dengan cara klik kanan pada objek kemudian pilih Make Cell dibagian bawah. Coba perbesar dan perkecil gambar tersebut


-          Duplikat objek tersebut dengan copy paste lalu cobalah pengelompokan lain dengan menekan break cell,lalu pilih Make Symbol.


-          Dengan Fitur Poligon, buatlah objek seprti gambar berikut :




-          Masukkanlah gambar dari luar dengan menekan fitur Bitmap kemudian lakukan import Image seprti gambar dibawah ini :




































4.1. Pengenalan Halaman Wonderware InTouch

a.       Tujuan percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami penggunaan Wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis halaman pada Wonderware InTouch

b.      Teori Dasar

PENGENALAN INTOUCH 10.1

InTouch berisi tiga komponen utama yaitu Application Manager, Window Maker dan Window Viewer.

Application Manager : mengatur aplikasi yang anda buat.

Window Maker : Window maker digunakan untuk develop InTouch application.

Window Viewer : Runtime enviroment yang digunakan untuk menampilkan grafik yang anda buat di window maker.

InTouch 10 akan memiliki 3 mode aplikasi:

 Standalone mode, sama dengan InTouch sekarang, tidak banyak perubahan.

 Published mode, dimana kita bisa menggunakan ArchestrA grafik, akan tetapi setelah di-publish, ArchestrA grafik tidak bisa diedit di Window Maker. Kalau mau diedit, harus diedit di Wonderware Application server, baru publish ulang.

– Managed mode, digunakan bersama dengan Wonderware Application Server (IAS).

TAGNAME

Dalam WindowMaker, tiap variable harus di assigned sebuah tagname dan tipenya. Tipe tagname bisa berupa memory tagname atau I/O tagname.

1. Tagnames Tipe Memory

Tipe memory tagname sudah ada dalam internal InTouch application. Memory tagname dibagi menjadi beberapa jenis,antara lain:

§  Memory Discrete

Internal discrete tagname dengan nilai 0 (False, Off) atau 1 (True, On).

§  Memory Integer

32-bit nilai signed integer antara -2,147,483,648 dan 2,147,483,647.

§  Memory Real

§  Floating (decimal) point memory tagname. nilai floating point value antara -3.4e38 and 3.4e38.


§  Memory Message

§  Text string tagname yang panjangnya bisa sampai 131 karakter

2. Tagname Tipe I/O

Semua tagnames yang read atau write nilainya ke atau dari selain Windows program adalah tipe I/O tagnames.

§  I/O Discrete

Discrete input/output tagname dengan nilai 0 (False, Off) atau 1 (True, On).

§  I/O Integer

32-bit nilai signed integer antara -2,147,483,648 dan 2,147,483,647.

§  I/O Real

§  Floating (decimal) point memory tagname. nilai floating point value antara -3.4e38 and 3.4e38.

§  Membuat tagname baru

1. Pilih Special menu, klik Tagname Dictionary atau, pada Application Explorer, double-click Tagname Dictionary. Tagname Dictionary dialog box akan muncul.

2. KlikNew. Pada Tagname box, isi tagname yang akan anda buat. Misal tagname1.

3. Klik Type. Tag Types dialog box akan muncul. Contoh pilih I/O Integer.

4. Pilih tipe dari tagname, kemudian klik OK.

5. Pilih detail pada pilihan tagname agar bisa mengisi detail dari tagname.

6. Klik Save lalu klik Close.

MEMBUAT OBJEK ANIMASI

InTouch supports dua tipe dasar links: Touch Links dan Display Links. Touch Links memperbolehkan operator memasukkan nilai kedalam sistem (contoh: push button). Display Links memungkinkan output dapat dibaca oleh operator (contoh: animasi warna, blink dll.). Animation link selection box. Anda dapat memasukkan beberapa animasi untuk objek atau simbol anda.

Animasi Warna

Buat objek lingkaran, kemudian beri animasi warna (hijau jika input aktif dan putih jika input tidak aktif). Untuk membuat animasi diatas, anda buat objek lingkaran, double klik, maka akan muncul Animation link selection box. Pilih Fill Color – Descrete. Pada bagian expression isi tag AnimasiWarna. Ganti warna ON dengan hijau dan Off dengan putih, lalu klik OK.







Value Display

Anda bisa menampilkan nilai tertentu dari PLC dengan menggunakan value display. Sebagai contoh anda bisa menampilkan level dari sebuah tanki. Untuk membuat animasi diatas anda buat text tanda pagar (##). double klik text tersebut, maka akan

muncul Animation link selection box, pilih value display – analog. Pada bagian expression isi tagname level lalu klik OK.

PushButton

Dengan animation link anda bisa membuat pushbutton Start atau pusbutton Stop.

Untuk membuat button Start, anda klik simbol button di Drawing toolbar kemudian drag and drop pada window. Untuk mengganti textnya tekan Ctrl + L kemudian tuliskan Start. Untuk menambahkan animasi double klik button maka akan muncul Animation link selection box, pilih value Touch Pushbutton – Discreate Value. Pada bagian tagname isikan tagname start kemudian pilih action yang anda kehendaki lalu klik OK.

Masih banyak animasi-animasi lainnya yang tidak saya jelaskan di modul ini. Anda bisa mencobanya sendiri.


c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer / Laptop

2.       Software Wonderware InTouch

d.      Prosedur Percobaan

1.       Bukalah aplikasi InTouch

2.       Buatlah 4 buah halaman dengan pembagian :

a.       Halaman Popup

Pada bagian properties atur seprti gambar berikut








                               

Lalu tekan OK sehingga akan muncul halaman seperti berikut :

Pada bagian tengah halaman buatlah 1 tombol dengan fungsi untuk menutup halaman itu sendiri




Untuk mengganti tulisan pada button tersebut,klik kanan pada button lalu pilih Subtitute > Subtitute String

Untuk bagian properties dari button klik dua kali pada button tersebut makan akan tampil gambar berikut.

Centanglah pada bagian Touch Pushbutton > Hide Window dan Klik Button Hide Window




Lalu centang halaman yang akan disetting lalu klik OK



b.      Halaman Overlay

Sifat Halaman ini adalah overlay untuk properties halaman ini seperti gambar dibawah.




















Sama seperti halaman Popup buatlah 1 tombol dengan fungsi untuk menutup halaman itu sendiri dan aturlah settingan pada pemilihan halaman yang akan dihidden seperti gambar dibawah.






















c.       Halaman Replace

Untuk Properties halaman replace dapat dilihat seperti gambar berikut.



Aturlah halaman ini seperti halaman yang lain.


                 













d.      Halaman Utama

Pada halaman ini setting seperti gambar berikut:




Masukkan 3 tombol untuk membuka masing-masing halaman











Setelah seluruh halaman selesai dibuat,klik Runtime untuk menjalankan aplikasi sehingga mode runtime (windowviewer) akan terbuka.






































BAB II

WONDERWARE INTOUCH-TAGNAME DICTIONARY


5.1. Percobaan Pengenalan Tagname Dictionary

a.       Tujuan Percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami tentang software Wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat memahami tagname dictionary

b.      Teori Dasar

1.       Pendahuluan

Setiap objek pada halaman kerja windowmaker harus memiliki identitas supaya dapat digunakan dalam pemrograman. Objek disebut dengan tag, dan nama objek disebut dengan tagname. Semua tagname yang telah dibuat dalam suatu aplikasi dapat dilihat pada tagname dictionary.

Sebelum deprogram, suatu objek harus memiliki identitas terlebih dahuluu. Jika belum maka saat penggunamelakukan klik kiri pada objek dua kali dan memilih animation link tertentu, pengguna akan diminta mendefinisi tagname.

Setelah mengisi nama tag, pengguna harus menentukan type tag dengan menekan tombol type:…. Maka pilihan macam-macam tipe tag berikut akan muncul.

Memory Discrete, I/O Discrete, Inderect Discrete, Memory Integer, Memory Real, I/O Real, Inderect Analog, Memory Message,I/O Message, Inderect Message, Group Var,Hist Trend, Tag ID.

Untuk yang sering digunakan:

-          Memory untuk simulasi (tidak terhubung dengan PLC dan peralatan)

-          I/O jika input-output terhubung dengan PLC dan peralatan

-          Discrete untuk objek-objek diskrit

-          Integer untuk objek-objek yang perubahannya. Secara analog, menggunakan bilangan real

c.       Alat dan Bahan

1.       Computer / Laptop

2.       Software WOnderware In Touch

d.      Prosedur PErcobaan

1.       Inisialisasi Tag Name

-          Bukalah software Intouch

-          Buat 1 halaman baru

-          Buatlah satu objek bias button, gambar, polygon




-          Setelah objek di gambar atau diimpor, berilah inisialisasi tag name objek tersebut.

·         Klik kiri dua kali pada objek sehingga jendela animation link tampil


·         Tandai fill color, bagian discrete


·         Dijendela fill color, pada expression isikan nama objek yang dibuat > KOTAK1.

 


·         Pada bagian color, trus: warna saat True (1), False : warna saat false (0).


·         Klik OK









·         Jika variable kotak1 belum pernah dideklarasikan sebelumnya akan muncul jendela seperti gambar berikut. Untuk meminta pengguna mendefinisikan tagname.


·         Tentukan tipe tag yang anda inginkan dengan menekan type.




·         Pilih tag yang sesuai dan tekan OK.

·         Lalu tekan save lalu close

·         Kemudian cek pada tagname dictionary, apakah tag yang anda buat sudah siap

















2.       Menghapus Tag Name.

-          Untuk menghapus tagname, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah tagname tersebut sudah tidak digunakan baik dalam gambar maupun script. Untuk memastikan hal tersebut, klik special dan pilih cross reference


-          Ketikkan nama tagname yang anda cari dan tekan search.

       

-          Jika tag tersebut masih “tersangkut” di gambar atau script tertentu maka akan muncul seperti gambar berikut.










-          Secara manual hapuslah satu persatu objek maupun script yang mengandung tag yang ingin dihapus



-          Setelah itu kembali cek tagname yang tadi di clear.


-          Setelah itu kembali tekan special dan pilih Update Use Counts.. untuk memperbarui pehitungan tag yang digunakan



-          Bila gambar dibawah muncul artinya masih ada halaman yang terbuka.


-          Close halaman yang terbuka tersebut. Klik kanan pada halaman yang ada di window explorer In Touch


-          Setelah itu kembali tekan Special dan pilih Update Use Counts.. untuk memperbarui perhitungan tag yang digunakan.

        

-          Setelah itu tekan kembali special dan pilih Tagname Directory untuk menghapus directory yang telah dibersihkan


-          Dan terlihat tagname dengan nama KOTAK1 dapat didelete

-          Setelah itu lakukan penghapusan tag yang tidak dipakai




BAB III

WONDERWARE INTOUCH-SCRIPT DAN ANIMATION


6.1. Pengenalan SCRIPT

a.       Tujuan percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami tentang software wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat memahami SCRIPT

b.      Teori Dasar

1.       Pendahuluan

Animasi pada wonderware InTouch meliputi : animasi diskrit, animasi analog, dan pembuatan user interface pada aplikasi yang ada. Secara umum, ada 3 langkah dasar yang perlu dilakukan untuk membuat suatu aplikasi pada Wonderware InTouch, yaitu:

-          Menggambar (drawing)

-          Inisialisasi tagname

-          Menggerakkan (animating)

2.       Macam-macam Script

Programan pada Wonderware InTouch menggunakan InTouch Quick Script. Tipe Script ini relative mudah digunakan karena memanfaatkan sttruktur high level language (seperti pada bahasa pemroograman Pascal) yang telah disederhanakan sehingga orang awam yang bukan programmer juga dapat memprogram Wonderware InTouch.

Ada banyak cara untuk meletakkan script pada aplikasi yaitu:

-          Application. Script jenis ini digunakan untuk memprogramkan keseluruhan window yang ada pada aplikasi.

-          Key. Script yang akan dilakukan saat tombol keyboard tertentu ditekan

-          Condition. Script yang akan dikerjakan jika terjadi kondisi tertentuu darisuatu tagname kondisi dinyattakan dalam ekspresi tertentu.

-          Data Change. Script yang akan dieksekusi jika terjadi perubahan nilai pada tagname tertentu.

  


Selain itu, script dapat diberikan khusus pada masing-masing halaman aplikasi dengan melakukan klik kanan pada halaman dan pilih Window Script. Pemberian script jika tombol ditekkan juga memungkinkan jika pada animation link tombol dipilih TouchPushbutton-Action Script.

Sedang editor dari InTouch QuickScript tampak pada gambar berikut:













Program disinihanya menggunakan instruksi IF-THEN-ELSE saja. Secara umum pemrograman ini menggunakan logika sebab-akibat. Misalnya suatu kondisi tertentu akan menyebabkan dilakukan aksi tertentu maka logikanya menjajdi.

IF <kondisi> THEN <aksi>

ENDIF;

Jika ada kondisi lain yang dapat menyebabkan aksi yang lain maka logika menjadi:

IF <kondisi 1> THEN <aksi 1>

        ELSE IF <kondisi 2> THEN <aksi 2>

        ENDIF;

ENDIF;


c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer / Laptop

2.       Software Wonderware InTouch

d.      Prosedur Percobaan

-          Membuat halaman baru pada software InTouch

-          Buatlah 2 buah kotak dan 2 buah button


-           

-          Dan buatlah 3 tagname dengan nama KOTAK1, KOTAK2 dan TOMBOL yang bertype Memory Discrete atau Memory Integer

-          Klik 2 kali pada kotak 1 dan pilih Fill Color



-          Begitu juga untuk kotak 2












-          Pada tombol 1 klikkiri 2 kali lalu pilih Action


-          Dan akan tampil seperti gambar berikut


-          Pada bagian script tuliskan kondisi “Kotak1=1;”. Dan klik OK.

-          Untuk tombol 2, pilih direct Value












-          Dan tulis tagname tombol pada kotak dialog Discrete Value


-          Untuk pengisian script klik kiri 2 kali bagian application


-          Lalu masukkan listing program yang menggunakan script pada tampilan ini.



Listing program diatas menjelaskan bahwa jika tombol bernilai 1 atau tombol ditekan maka kotak2 akan bernilai0 dan jika tidak ditekan atau bernilai 0 maka kotak2 bernilai 1.








7.1. Pengenalan Animation

a.       Tujuan Percobaan

1.       Mahasiswa dapat memahami tentang software Wonderware Intouch

2.       Mahasiswa dapat memahami animation

b.      Teori Dasar

1.       Animasi

Animasi adalah proses memberi”nyawa” dari objek-objek yang telah digambar dan diberi tagname. Animasi ini penting karena akan sangat mempermudah operator dalam memahami,mengawasi,dan mengendalikan proses-proses yang terjadi plant.

Cara yang mudah untuk memberikan efek animasi pada gambar ialah dengan melakukan klik kiri objek dua kali atau mengetik kanan dan memilih Animation Link.dan akan muncul jendela berikut.


Animation Link sendiri terdiri dari 2 bagian besar:Touch Link dan Display link.Touch link digunakan untuk mengatur interaksi antara operator dengan program,sedang display link digunakan untuk mengatur animasi pada tampilan objek.

Berikut overview dari display link.

-Line Color                  Mengubah warna garis luar objek

-Fill Color                    Mengubah warna isi Objek

-Text Color                 →Mengubah warna Huruf

-Object Size               →Mengubah ukuran Objek

-location                    →Mengubah Lokasi Objek

-Percent fill               →Mengubah persentase Isian Objek

-Visibility                   →Mengatur Kedipan Objek

-Blink                         →Mengatur arah Objek

-Disable                     →Mengatur objek dapat”digunakan”atau tidak


c.       Alat dan Bahan

1.       Komputer / Laptop

2.       Software Wonderware Intouch

d.      Prosedur Percobaan

-          Membuat halaman baru pada software intouch







-          Susunlah seperti gambar berikut:


-          Terdiri dari 1 objek dan 2 button. Dimana objek tersebut harus berbentuk symbol

-          Untuk objek atur seperti gambar berikut :

Object Size bagian Height

     




Tagname bertype Memory Real









Object Size bagian Width

      




Tagname bertype Memory Real



Untuk settingan pada button KECIL

 




Untuk settingan pada BESAR

                                        

-          Coba gantilah tulisan

TABUNGH = TABUNGH -1;   >  TABUNGH = TABUNGH -5;

TABUNGW = TABUNGW -1;  >  TABUNGH = TABUNGH -5;

TABUNGH = TABUNGH +1;   >  TABUNGH = TABUNGH +5;

TABUNGW = TABUNGW +1;  >  TABUNGH = TABUNGH +5;

































8.1. Pengenalan dan Penggunaan Percent Fill

a.       Tujuan Percobaan

1.Mahasiswa dapat memahami tentang software Wonderware Intouch

2.Mahasiswa dapat memahami pengenalan dan penggunaan Percent Fill                


b.      Teori Dasar

c.       Alat dan Bahan

        1.Komputer / Laptop

        2.Software Wonderware Intouch


d.      Prosedur Percobaan

-          Membuat Halaman Baru Pada InTouch atau untuk lebih mudah lanjutkan halaman SLIDER yang telah dipercobakan sebelumnya.

-          Susunlah seperti gambar berikut

-          Terdiri dari SLIDER HORIZONTAL, 2 Tabung, Pipa L dan Pipa lurus, serta 2 Lampu indicator

-          Buka pengaturan pada tabung1 dengan cara mengklik kiri 2 kali sehingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini kemudian pilih vertical pada menu Percent Fill















-          Akan tampil jendela baru seperti gambar berikut, isi kolom expression sesuai dengan tagname yang telah diberikan pada Slider sebelumnya.


-          Dan atur Value at Max Fill = 0 dan Value at Min Fill = 100 pada menu properties lalu klik OK.


-          Lakukan hal yang sama pada tabung 2 , atur Value at Max Fill-nya = 100 dan Value at Min Fill-nya = 0 lalu klik OK.

-          Kemudian lakukan pengaturan pada lampu1 dengan klik kiri 2 kali pada objek lampu seperti gambar dibawah ini:


-          Isi kolom Expression dengan nama Lampu yanga anda inginkan, misalnya “LAMPU1” serta atur fill color yang diinginkan pada saat kondisi OFF maupun pada kondisi ON lalu klik OK.

-          Lakukan Hal yang sama pada Lampu2.

-          Kemudian masukkan script atau perintah untuk menjalankan proyek yang telah anda buat mana menu script > Application



-          Isikan script seperti gambar dibawah ini lalu tekan OK.


-          Kemudian klik “runtime” yang terdapat pada pojok kanan atas jendela InTouch

-          Tampilan setelah mengklik runtime



-          Amati apa yang terjadi dengan menggerakkan Slider Horizontal menjadi 100.

Komentar

Postingan Populer